Yasinan dan Problem Umat Islam Indonesia

Advertisemen
Indonesia adalah sebuah negeri dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Ketaatan dalam menjalankan agama pun termasuk bagus dibandingkan negeri lainnya.

Bahkan salah satu surat Al-Qur'an telah menjadi bagian budaya umat Islam Indonesia..

problem yasinan di Indonesia


Budaya YASINAN.. ya ... tentu kita semua tahu apa yang dimaksud.

Umat Islam Indonesia telah menjadikan surat Yasin menjadi "bacaan" sehari-hari.
Saat ada orang meninggal Yasinan, saat acara-acara tertentu Yasinan..

TAPI...!!
sayangnya itu hanya sebatas ritual dan hanya sebatas terucap di bibir saja.
kandungan isinya tak pernah sampai ke pikiran dan hati umat Islam Indonesia, meski banyak yang hafal.

KENAPA...?
Karena umat Islam di Indonesia belum "sadar" bahwa Al-Quran itu berbahasa Arab dan hanya dengan memahami bahasa Arab kita baru bisa mulai memahami kandungannya.

Kita belum sadar bahwa Mukjizat Al-Quran itu terletak pada pemahaman manusia terhadap kandungannya.

Kita selalu terlena dengan hadits-hadits yang menyatakan bahwa akan ada banyak pahala bagi orang yang membacanya. Meski beberapa sumber menyebutkan bahwa hadits keutamaan baca surat Yasin tidak sampai hasan.

Taruhlah saja memang benar hadits tentang keutamaan bacaan Yasin. Hal yang perlu kita pahami juga adalah Nabi menyampaikan itu kepada umat Islam yang memang berbahasa Arab.

Sehingga ketika seseorang yang fasih berbahasa Arab membaca surat Yasain secara berulang-ulang, orang tersebut tidak hanya mengucapkan di bibir saja, tapi juga dalam hati dan pikirannya. Sehingga akan memperoleh manfaatnya dari memahami kandungan isinya.

Coba kita buka surat Yasin dan coba baca terjemah tafsirnya ayat demi ayat sampai selesai. Lalu coba baca-baca ilmu lain terutama tentang Ilmu Alam. Maka kita akan berdecak kagum akan kandungan Isinya yang luar biasa.

Coba buka juga ayat-ayat lainnya dari surat-surat lainnya, kita baru sadar bahwa Al-Qur'an adalah rahmat bagi umat manusia. Rahmat bagi orang yang beriman yang mau memahami isinya dan melaksanakannya.

SEHINGGA...
Problem kita, umat Islam di Indonesia adalah BAHASA AL-Qur'an, yaitu Bahasa Arab.
Bahasa Arab menjadi problem pertama yang harus diselesaikan jika kita ingin menjadi umat yang terdepan. (Mengapa muslim harus belajar bahasa Arab?)

Kandungan Al-Qur'an lah yang akan menjadi petunjuk kita menjadi Umat yang Unggul. wallahua'lam.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini