Cara Membuat Makalah: Yang Perlu Diketahui

Advertisemen
Cara membuat makalah harus dikuasai oleh pelajar dan terlebih lagi mahasiswa, karena di era ini mulai dari pelajar telah diberi tugas untuk membuat makalah apalagi mahasiswa, dimana pembuatan makalah adalah "makanan" sehari-harinya.

Pelajar dan mahasiswa dituntut untuk dapat menyusun makalah dengan benar dan sesuai kaidah penulisan secara ilmiah.

Sehingga isi dari makalah yang dibuatnya dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Untuk membuat makalah perlu dipahami kaidah-kaidah baku susunan makalah. Sebagai contohnya Anda dapat membaca posting tentang susunan kerangka makalah.

Selain itu karena makalah adalah karya tulis formal, maka kata dan kalimat yang digunakan harus mengikuti EYD yang baik dan benar.

Cara Membuat Makalah: Langkahnya

  1. Sebelumnya pahamilah terlebih dahulu susunan kerangka pembuatan makalah yang telah baku. Dengan demikian telah ada gambaran umum tentang apa itu makalah.
  2. Tentukan tema makalah yang hendak dibuat sesuai tugas yang dibebankan oleh guru atau dosen. Dengan telah jelasnya tema, maka selanjutnya cari sumber informasi sebanyak mungkin mengenai tema tersebut dari berbagai bacaan, baik itu buku, koran, majalah, paper, maupun media internet.
  3. Catatlah setiap sumber tersebut satu-persatu sesuai kebutuhan dalam penulisan catatan kaki dan daftar pusataka. Informasi sumber yang perlu dicatat biasanya adalah judul, jenis sumber informasi, penulis, waktu (tahun terbit), penerbit, halaman.
  4. Setelah sekiranya mendapat informasi yang cukup tentang tema yang diinginkan, saat mulai menyiapkan peralatan untuk membuat makalah.

  • Alat ketik dalam hal ini adalah komputer yang telah diinstal program word (seperti msWord, atau libreWord).
  • Mulailah untuk mensetting format dari program words. 
  • Jika format telah ditentukan, saatnya untuk menulis isi dari makalah sesuai tema yang akan dibahas.

Format Baku Dalam Membuat Makalah:


  • Ukuran kertas: A4 (kuarto)
  • Jenis font: Times New Roman atau Verdana
  • ukuran font: 12
  • spasi: 1,5
  • Jarak tepi (margin): kiri=4cm, atas=4cm, kanan=3cm, bawah=3cm
  • Makalah ditulis minimal 10 halaman belum termasuk halaman Judul, Lampiran, dan Daftar Pustaka.

Itulah sedikit informasi tentang cara membuat makalah yang biasa dibuat oleh umum. Semoga dengan memahami cara membuat makalah tersebut dapat meraih hasil yang maksimal.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini